January 10, 2013

One-Third of January

Nggak kerasa 1/3 bulan Januari udah gw lewatin. I dont know what people think, but I think that I'm becoming better. Sebenernya "baik, lebih baik, dan paling baik" itu relatif. Jawabannya ada di masing-masing kita. Gw suka banget sama quotenya Raline, yang jadi Riani di film 5 cm, (more or less like this) "Start what you want. Do what you can. Use what you have. Ketika kita ingin sesuatu, just focus. Jangan liat kanan-kiri. Jadilah lebih baik versi diri kita sendiri." So, yang bisa tau diri kita lebih baik ya kita sendiri. Orang bisa menilai, dan bisa saja kita meng-iya-kan. But it could be a lie.

Well, setelah beberapa lama dan beberapa kali gw bilang mau mulai nulis lagi, nyatanya gw belum bisa rutin nulis. Kesibukan gw sebagai guru SD (wehehehehe...) menyita lebih dari setengah waktu yang gw punya. Bahkan, untuk punya waktu tidur yang normalpun masih belum bisa. Hampir tiap hari pulang malem dan begadang buat belajar. Tapi ini tantangan buat fisik dan mental gw. Walaupun basic gw bahasa Inggris, bukan guru SD, tapi gw yakin gw bisa ngerti sekali lagi pelajaran anak-anak SD.

Ya, gw nggak ngajar bahasa Inggris. Wah, kalo dosen gw tau pasti sedih tuh. Wehehehe... Gw ngajar pelajaran guru kelas--PKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, dan PLBJ, dan gw sendiri sekarang jadi wali kelas. Sumpah awalnya masih ngambang banget sama pelajarannya. Lupa. Makanya tiap malem gw belajar dulu. Gw nggak mau sampe ngeblank pas ngajarin anak-anak. Tantangan terbesar sih bukan sama materi pelajarannya sebenernya, tapi gimana anak-anak bisa ngerti. Kadang gw suka heran, pelajarannya gampang tapi anak-anak susah banget ngertinya. Beda sama pas gw ngajar SMA.

Yang pasti, sekarang gw lebih sering pulang malem. Udah mulai ada tugas ekstra dari sekolah. Mulai bulan Desember kemarin, gw jadi salah satu pelatih buat lomba musik ensamble tingkat SD. Kayaknya sih lombanya se-Al Azhar se-Indonesia. Gw nggak mau nyia-nyiain kesempatan ini. Gw mau tunjukkin that I am more than what I am now. Gw mau kembangin segala potensi yang gw punya. Tapi karena basically gw seneng musik (walaupun ga jago main), jadi tugas ekstra ini nggak gw jadiin beban. I do it with pleasure.

Sayangnya, kesibukan gw bikin badan gw sering sakit. Udah berapa kali ya gw sakit sejak ngajar di sini. Sekolah swasta ini entah kenapa kegiatannya banyak banget. Dan walaupun banyak guru yang bilang, "Semua yang di sini pasti awalnya sakit...", gw nggak mau itu jadi tren sekolah ini. Semua harus sehat. Sakit itu akibat kelalaian kita sendiri. Dan takdir tentunya. Tapi kalo kita tertib: makan teratur, istirahat cukup, pola hidup sehat, kita juga nggak akan sakit kok. Gw akuin, karena nyari makan di sini susah dan suka males nyempetin diri untuk makan/ngemil di sela-sela kesibukan, gw jadi sering sakit. Punya waktu istirahat yang cukup emang belum mungkin, tapi harusnya pola makan tetep dijaga. Gimanapun fisik adalah salah satu modal ngajar seorang guru. Suara serak dikit aja bisa gawattt... Apalagi tau sendiri kan di sini murid-muridnya kayak apa, wehehehe...

Oke deh. Mudah-mudahan semakin hari kita semua bisa semakin baik. Soal resolusi di tahun 2013 "fix what are needed to fix", udah mulai gw lakuin dengan ngebenerin keyboard netbuk gw yang rusak. Gila booooooo.... Ganti keyboard + ongkos pasang aja 500k. Apa kabar benerin autofocus SLR yak! Berarti harus rajin cari duit nih. Oke sip. Semangat! :* -widyakilaz-

0 comments:

Post a Comment

My Birthday

Daisypath Happy Birthday tickers

Me and My Boyfriend

Daisypath Anniversary tickers