June 3, 2010

I WANT FREEDOM!!! (>_<)/*

"Saya manja karena saya tidak pernah diberi kesempatan untuk menjadi mandiri...."
Ada nggak yang pernah mikir kayak gitu? Gw pernah. Dan hal itu nggak cuma terjadi sekali. Sebelumnya, gw ceritain dulu deh latar belakang keluarga gw. Gw lahir di tengah keluarga dengan ayah dan ibu yang memiliki keturunan Jawa. Ayah gw, atau biasa gw sebut Bapak orangnya cerdas, agak keras, dan sayang sama keluarga. Ibu, orangnya agak ceplas-ceplos, skeptis, serba bisa, dan pastinya sayang sama keluarga. Gw punya dua sodara cowok. Adek gw, sekarang kuliah di Universitas Diponegoro semester 2, sedangkan Mas gw udah lulus dari Universitas Indonesia dan bekerja sebagai programmer di salah satu perusahaan swasta. Dengan kata lain, gw adalah satu-satunya anak perempuan Bapak gw.

Nah, sebagai anak perempuan satu-satunya, gw sering dikekang, nggak boleh ini, nggak boleh itu. Emang sih, lambat laun, kekangan itu berkurang. Tapi hello! gw tahun ini udah 21 tahun gitu?! Bisa dibilang, kehidupan remaja gw biasa aja. Selain acara yang diadain sama sekolah, gw nggak pernah yang namanya jalan-jalan sama temen gw, entah itu di luar kota, di dalem kota, atau bahkan sekedar ke mall. Jadilah, gw pergi secara diem-diem. Karena gw orangnya nggak suka diatur. Ya. Gw emang beda dari kedua sodara gw. Mereka nggak suka kegiatan-kegiatan menantang. Contoh simpelnya aja, mereka nggak suka permainan-permainan di Dufan. Gw? Muntah iya, tapi gw nggak pernah kapok nyoba. Gw suka kegiatan-kegiatan yang agak bahaya. Gw sukaaa banget kemping (biarpun semua masih dikoordinir sama sekolah, gw belom pernah kemping yang bener-bener kemping). Gw sangat tertarik dengan gunung, danau, lau, pantai, tebing, gua, dan lain-lain. Yah, intinya, gw punya obsesi untuk menjadi salah satu anggota pecinta alam.

Dari gw SMP, gw udah pernah pengen ikut jadi anggota pecinta alam, tapi dilarang. DILARANG. Ibu sama Bapak bilang bahaya. Sialnya lagi, gw selalu kalah dalam berargumentasi. Jelas sih, mereka lebih punya otoritas di keluarga... Bodonya, gw nggak pernah berusaha untuk mengejar mimpi (ehm, agak berlebihan sebenernya kalo disebut mimpi) gw. Bukannya memperjuangkan apa yang gw mau, gw malah browsing-browsing di internet, nyari kejadian-kejadian jelek yang terjadi di gunung, dan sebagainya, supaya gw takut dan nggak akan suka lagi hal-hal yang berkaitan dengan pecinta alam. Setelah beberapa waktu berlalu, keinginan gw untuk naik gunung mulai ilang, sampe gw beli novel 5 cm yang di dalemnya ada cerita tentang keindahan Gunung Mahameru. Damn! Gw jadi tergiur lagi deh. Huhuhu... Sampe sekarang, cita-cita untuk naek gunung belom kesampean. Gw harap suatu hari nanti akan ada keajaiban yang membuat Bapak dan Ibu gw ngijinin gw naek gunung. AMIN.

Kadang, gw ngerasa kalo omongan orang tua gw tuh bullshit aja. Kenapa? Karena mereka selalu ngedorong gw untuk melakukan hal-hal yang gw inginkan (baca: hobi). Misalnya, karena gw suka maen gitar, Bapak gw bilang kalo gw boleh (dan sebaiknya) ngambil les gitar biar jago. Eh, pas gw bilang mau les beneran, malah gak jadi. Hal yang sama juga terjadi waktu gw mau les piano, keyboard, lukis, bahasa Mandarin, nyetir, dan lain-lain. Gw jadi suka sebel. Mimpi yang udah gw bangun tinggi-tinggi, jatoh dan hancur berkeping-keping. (hahaha, lebay!)

Oke. Sekarang fokus sama masalah kemandirian. Honestly, gw sering ngerasa kalo gw itu nggak mandiri bukan karena gw nggak mandiri, tapi karena gw nggak pernah dikasih kesempatan untuk menjadi mandiri. Mulai dari masalah ngekost, bawa motor ke kampus, jalan-jalan (inisiatif pribadi, bukan bawaan dari institusi), sampe keluar rumah malem-malem untuk sekedar maen sama temen, juga nggak boleh. Masa remaja gw bisa dibilang nggak asik (dalam konteks pengalaman keluar rumah, haha). Emang sih, ada juga enaknya... Tapi karena di sini gw lagi complain berkenaan dengan hak gw sebagai anak sekaligus sebagai manusia, jadi mari kita lihat yang jelek-jelek aja (untuk mendukung argumentasi gw).

This little bird maybe seem to be happy, but she inside her heart she cries!
Sisi ketidakmandirian gw bisa dilihat dari banyak hal. Salah satunya adalah, dalam hal transportasi ke kampus. Tiga bulan terakhir, gw jadi amat sangat nggak mandiri atau lebih tepatnya membuat diri sendiri menjadi tidak mandiri pas mau berangkat ke kampus. Sebelum ini, gw berangkat-pulang naek patas. Selama dua setengah tahun, gw masih akrab sama patas, sampe akhirnya semakin lama tugas kuliah semakin menumpuk dan patas menjadi musuh terbesar gw. Patas, sejak gw semester satu memang satu-satunya alat transportasi gw. Mau dia penuh kek, bau, panas, bahkan banyak copetnya, gw nggak pernah berpaling dari patas. Bahkan, gw nggak jarang berdiri di patas dengan satu kaki atau berdiri di pinggir pintu kayak yang biasa dilakuin sama anak-anak SMA yang alay-alay itu. Gw masih bertahan sampe, seperti yang gw bilang tadi, tugas kuliah menjadi si jahanam yang bikin hidup gw nggak tenang.

Karena capek, banyak pikiran, dan banyak beban, gw jadi males pulang. Ide ngekos pun timbul. Tapi lagi-lagi dilarang. Untuk menghindari si patas jahanam ini, gw mencetuskan ide untuk bawa motor ke kampus. Hasilnya? Gagal total. Malah gw sampe diomelin. Huh. Akhirnya, Bapak gw mempersiapkan diri sebagai driver yang bakal nganterin, bahkan jemput, gw kuliah. Sebulan, semuanya emang berjalan lancar. Tapi selanjutnya, itu cuma angin surga yang dihembusin Bapak gw doang. Bapak sering nggak nganterin gw, atau kalo dia lagi capek atau banyak pikiran, dia nganterin gw sambil ogah-ogahan. Gw jadi seakan-akan, dan emang bener, tergantung sama dia. Yah, namanya juga lagi protes. Bentuk protes gw ya kayak gitu. Hmm... Kasian juga sih sama Bapak, tapi dia harusnya bisa ngijinin gw dong ke kampus naek motor. Gw ini udah gede. Kalo terlalu dilarang, biasanya anak malah ngelakuin hal di belakang. Kayak gw. Gw diem-diem pernah bawa motor ke kampus, bahkan dua kali bolak-balik, waktu Bapak sama Ibu ke luar kota. Nah? Malah jadi boong kan? Jelek efeknya.

Masih banyak hal-hal yang pengen gw lakuin, tapi nggak punya kesempatan buat ngelakuin itu. Gw nggak mau masa muda gw berakhir sia-sia. Gw mau mencoba banyak hal. Bapak sama Ibu harusnya bisa percaya. Gw kan juga bukan tipe yang suka macem-macem. I WANT FREEDOM!!! Gw nggak mau jadi burung dalam sangkar yang nggak tau indahnya dunia. (>_<)/* -kilaz-

0 comments:

Post a Comment

My Birthday

Daisypath Happy Birthday tickers

Me and My Boyfriend

Daisypath Anniversary tickers